Ujicoba Objek Wisata KBB Masih Minim Pengunjung

Cimahi: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat optimistis objek wisata segera dibuka kembali, seiring kasus Covid-19 di KBB yang trennya terus menurun.

Hal itu juga berkaca dari pelaksanaan uji coba pembukaan objek wisata The Lodge Maribaya Lembang, yang jadi salah satu percontohan dibukanya kembali objek wisata di KBB dimasa PPKM Level 3 kali ini.

“Objek wisata The Lodge Maribaya sudah ujicoba buka mulai Sabtu pekan lalu, berjalan lancar, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dari pihak pengelola,” ungkap Kepala Seksi Pariwisata Disparbud Kabupaten Bandung Barat David Oot kepada wartawan, Selasa (14/9/2021).

Menurut David, berdasarkan monitoring pelaksanaan uji coba tersebut, pengunjung di hari Sabtu ada 380 orang dan Minggu 350 orang. Selain wisatawan dari Bandung Raya dan Jakarta, pengunjung juga ada yang datang dari Semarang.

Jumlah angka kunjungan itu kata David masih jauh dibawah kapasitas kunjungan yang diperbolehkan selama uji coba PPKM Level 3 yakni 25 persen dari kapasitas tempat. The Lodge Maribaya biasanya pada saat fix season bisa menampung hingga 10.000 wisatawan.

“Masih minimnya angka kunjungan itu bisa karena berbagai faktor. Seperti belum semua tau ada objek wisata yang sudah buka, masyarakat masih menunggu saat yang tepat berwisata, faktor ekonomi, hingga soal vaksinasi,” ucapnya.

Menyinggung soal kendala di lapangan, David menyebutkan karena pengunjung harus melakukan scan di apliksi PeduliLindungi, terkadang sinyal provider jadi kendala. Sebab ada beberapa pengunjung saat scan tidak bisa akibat sinyal yang kurang mendukung.

“Selain itu, akibat terlalu lama tutup dan pemeliharaan yang tidak berjalan maksimal dikarenakan karyawan banyak diliburkan, beberapa fasilitas di tempat wisata ada yang rusak dan harus dibenahi. Hal itu imbasnya kepada faktor keamanan, keselamatan, dan keamanan pengunjung,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bantu UKM, Owner Melstore.jkt Promosikan Sepatu Lokal

Tue Sep 14 , 2021
akarta: Fesyen merupakan salah satu kebutuhan utama bagi kaum hawa. Hal itu yang menjadikan Dinda Amelita Tanjung untuk terjun ke dunia bisnis desainer. Dinda mengawali karirnya dimulai dengan menciptakan produk dengan nama Melstore.jkt, dan berhasil membuat produk yang memiliki kualitas impor namun dirajut dengan hasil tangan-tangan lokal. Diawali sejak tahun […]