Ibu Hamil di Dompu Mulai Divaksin Covid-19

Dompu: Ibu hamil di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat mulai divaksin Covid-19.

Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra mengatakan, meski diperbolehkan, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi.

“Ibu hamil yang mendapatkan vaksin ini, adalah ibu hamil yang tidak terdapat jenis-jenis penyakit yang tidak diperbolehkan vaksin. Selain itu, usia kehamilan minimal 13 sampai 33 minggu,” kataya, Selasa (14/9/2021).

Selain itu, lanjut mantan Kadis Pengendalian Penduduk dan KB ini, adalah ibu dan bayinya sehat yakni dibuktikan dengan melakukan kotrol rutin ke bidan maupun layanan kesehatan.

Dijelaskannya, skrining kesehatan juga dilakukan berlapis. Selain tim medis, ibu hamil ini juga wajib mengantongi rekomendasi dari bidan desa masing-masing. Kelompok ini, lanjut Gatot, merupakan kelompok yang rentan tepapar Covid-19. Tidak hanya pada ibunya, namun juga bayinya.

Selain mencanangkan vaksinasi bagi ibu hamil, Pemkab Dompu juga mulai melakukan pemberihan vaksin bagi remaja usia 12 – 18 tahun. Data yang didapat, jumlah kelompok ini mencapai 24.899 jiwa tersebar tidak hanya di sekolah-sekolah, namun juga remaja yang sudah putus sekolah.

“Vaksinasi bagi usia remaja ini, untuk memberi jaminan keberlangsungan KBM Tatap Muka,” tambahnya.

Sebab, dengan terbentuknya kekebalan kelompok di lingkungan pendidikan, dapat meminumalisir penyebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan.

Dijelaskan, untuk vaksinasi anak ini, baru sebagian dilakukan yakni pada usia SMA dan guru-guru. Dijadwalkan, untuk usia SMP akan dilakukan pekan depan. Pemkab Dompu, menargetkan 147.476 warga Dompu, termasuk usia sekolah tervaksin minimal 70 persen hingga 31 Desember 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Jelang Musim Hujan, Bandung Keruk Semua Sungai

Tue Sep 14 , 2021
Bandung: Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung melakukan pengerukan sedimen pada aliran sungai yang berada di wilayah Kota Bandung jelang musim penghujan awal September. Kebijakan tersebut dilakukan untuk meminimalisasi potensi terjadinya banjir. Kepala Dinas PU Kota Bandung, Didi Riswandi “Pekerjaan besar, pengerukan sungai beberapa sungai dilakukan. Sungai di Panyileukan, Rancabolang, […]