- Berita Utama, Gaya Hidup, News

Kriteria Pasien Masuk RS Rujukan Khusus COVID-19

Jakarta: Kementerian Kesehatan secara resmi menunjuk tiga rumah sakit (RS) di DKI Jakarta untuk menjadi RS rujukan khusus COVID-19, yakni RS Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, RS Paru (RSPU) Persahabatan, dan RS Fatmawati.

Direktur RSPI Sulianti Saroso, Dr Mohammad Syahril mengatakan, ketiga rumah sakit ini hanya akan menerima pasien COVID-19 dengan gejala berat dan kritis.

“Masyarakat kami harapkan untuk ke RS Sulianti Saroso maupun ke Persahabatan tentu yang sudah betul-betul berat dan kritis,” kata dr Syahril dalam konferensi pers virtual, pada Kamis (24/06/21).

Sama halnya dengan RSPI Sulianti Saroso, Plt Direktur RS Fatmawati, Dr Azhar Jaya juga menyampaikan kriteria masuk pasien COVID-19 di rumah sakit yakni mereka yang sudah bergejala berat hingga kritis.

Pasien Corona tanpa gejala atau ringan disarankan untuk isolasi mandiri atau isolasi terpusat seperti di RSDC Wisma Atlet.

“Pasien dengan komorbid, saturasi oksigen di bawah 90, ini bisa masuk ke rumah sakit,” jelas Dr Azhar.

Selain itu, pasien COVID-19 dengan gejala sedang namun memiliki penyakit penyerta atau komorbid seperti diabetes melitus, ginjal, atau kondisi lain yang mendasari, juga akan selalu dipantau dan dibawa ke rumah sakit jika terjadi perburukan.

“Kami akan mengurangi pasien umum kami secara alamiah,” ujar Dr Azhar.

Penambahan kamar rawat di RSUP Persahabatan, RSUP Fatmawati, dan RSPI Sulianti Saroso dikarenakan Kementerian Kesehatan mengkonversi tiga rumah Sakit untuk menjadi rumah sakit penanganan COVID-19. Keputusan tersebut diambil berdasarkan pemantauan peningkatan kasus terkonfirmasi positif di atas 10 ribu kasus per hari terkini, serta untuk menambah kapasitas perawatan pasien dengan gejala sedang hingga berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *