Klaster di Banyuwangi Bertambah, 234 Orang Positif

Banyuwangi: Jumlah kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi terus bertambah. Penambahan tersebut seiring ditemukannya klaster baru, yang diantaranya klaster pembuat Peti Buah, sehingga saat ini tercatat ada 12 klaster yang ditemukan selama periode bulan Mei hingga Juni 2021.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Jum’at (25/6/2021) membenarkan hal tersebut, berdasarkan data yang ada 12 klaster tersebut diataranya, 2 klaster hajatan di kecamatan Tegaldlimo dan ,kecamatan Purwoharjo, 2 klaster ziarah Walisongo di Desa Watukebo dan Blimbingsari, 1 klater pondok Pesantren, 3 klaster keluarga Kelurahan Kebalenan, Sumberrejo dan Desa Genteng Kulon, 3 klaster Puskesmas, dan yang terbaru klaster pembuat peti buah di di Desa Glagah Agung, Kecamatan Purwoharjo.

“Dari temuan klaster, penularannya karena abai terhadap protokol kesehatan utamanya berkerumun dan abai mengunakan masker,ungkap dr Widji Lestariono.

Dari jumlah temuan 12 klaster tersebut, jumlah total yang terpapar Covid-19, mencapai 234 orang terpapar virus corona, dan yang terbanyak adalah klaster pembuat peti buah yang mencapai 48 orang positif Covid-19.

“Klaster peti buah itu 48 orang positif, dan Satgas Covid-19 akan terus melakukan tracing kepada kontak erat, agar penularannya tidak semakin meluas,” jelas dr Widji Lestariono.

Dari 12 klaster yang ditangani, baru 1 klaster yang mereda, yakni klaster hajatan di desa Desa Wringinpitu, karena dalam 4 hari terakhir tidak ada penambahan kasus, namun petugas masih terus melakukan tracing dan pengawasan terhadap masyarakat yang melakukan isolasi mandairi.

Daftar Klaster Covid-19 di Banyuwangi

Klaster Hajatan Desa Ringinpitu Tegaldlimo, kasus konfirmasi 46 orang.

Klaster Hajatan, Desa Grajagan Purwoharjo, kasus konfirmasi 34 orang.

Klaster Ponpes Darul Qur,an, Desa Watukebo Blimbingsari, kasus konfirmasi 28 Orang.

Klaster Ziarah Wali Songo, Desa Blimbingsari, Blimbingsari, kasus konfirmasi 18 Orang.

Klaster Ziarah Wali Songo, Desa Karangbendo, Blimbingsari, kasus konfirmasi 13 Orang.

Klaster Masjid, Desa Tegaldlimo, Tegaldlimo, kasus konfirmasi 17 Orang.

Klaster Keluarga, Desa Pakis Jalio Banyuwangi, kasus konfirmasi 7 Orang.

Klaster Keluarga, desa Genteng kulon, Genteng, kasus konfirmasi 10 Orang.

Klaster Puskesmas Tegaldlimo, kasus konfirmasi 5 orang Orang.

Klaster Puskesmas Kedungwungu, kasus konfirmasi 8.

Klaster Puskesmas Licin, kasus konfirmasi 7 Orang

Klaster Pekerja Pembuat Peti Buah, Desa Glagah Agung, Purwoharjo, kasus konfirmasi 48 Orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Alokasi Anggaran Covid-19 DKI Ribuan Triliun

Fri Jun 25 , 2021
Jakarta : Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap memprioritaskan keselamatan masyarakat. Karena itu, sesuai Instruksi Mendagri No.14/2021 tanggal 21 Juni 2021, Pemprov DKI Jakarta menerapkan kebijakan pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Melonjaknya kasus wabah pandemi global Coronavirus (COVID-19) di Jakarta, diiringi dengan meningkatnya jumlah pemakaman dengan prosedur tetap […]